Activity Diagram
Adalah tekhnik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis dengan Menggunakan notasi yang mirip flow chart, meskipun terdapat sedikit perbedaan notas
deskripsi activity diagram :
a.Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
b.Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis
c.Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada perancangan terstruktur
d.Sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah
proses untuk membantu memahami proses secara keseluruhan
e.Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram
simbol activity diagram:
Contoh Activity Diagram:
USE CASE DIAGRAM
Deskripsi Use Case Diagram:
a. Sebuah use case adalah situasi dimana sistem digunakan untuk memenuhi satu atau lebih
kebutuhan pemakai.
b. Use case merupakan awal yang sangat baik untuk setiap fase pengembangan berbasis objek,
design testing, dan dokumentasi.
c. Use case menggambarkan kebutuhan sistem dari sudut pandang di luar sistem.
d. Use case menentukan nilai yang diberikan sistem kepada pemakainya.
e. Use cases hanya menetapkan apa yang seharusnya dikerjakan oleh sistem, yaitu kebutuhan
fungsional sistem.
f. Use case tidak untuk menentukan kebutuhan nonfungsional, misalnya: sasaran kinerja, bahasa
pemrograman, dsb.
Use case diagram terdiri dari:
a. Use case
Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi / layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian sistem:subsistem atau class) ke pemakai.Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem. Use
case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal. Use case dibuat berdasar
keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana” system mengerjakannya Use case diberi nama yang
menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor. Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal
ellipse). Use case biasanya menggunakan kata kerja. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use
case yang memiliki nama yang sama.
b. Actors
Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system
Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah jabatan. Actor memberi input atau menerima informasi dari
system. Actor biasanya menggunakan Kata benda. Actor adalah eksternal terhadap sistem.
c. Association
Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi.Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat
dalam use case.
Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram
1. Association antara actor dan use case
Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya
mengindikasikan aliran data
2. Association antara use case
include termasuk didalam use case lain (required) / diharuskan
contoh:
3. Generalization/Inheritance antara use case
extend perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi Generalization/inheritance digambarkan dengan
sebuah garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum
Gambaran generalization/inheritance antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case
4. Generalization/Inheritance antara actors
Gambaran generalization/inheritance antara actors secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case
CLASS DIAGRAM
Class diagram adalah Sebuah symbol class padaclass diagram terdiri dari namakelas, attribute dan method
•NamaKelas
Digunakan untuk membedakan antara satu kelas dan kelas yang lain. Contohnya: Manusia, Dosen, Karyawan, Mahasiswa
•Attribute
Digunakan untuk menyimpan state, pada bahasa pemrograman ini berupa field. Bisa juga diartikan apa yang dimiliki oleh sebuah
objek.
Contohnya: untuk atribut Mahasiswa: nim, nama, alamat, tempat lahir, tanggal Lahir,
Aturan penggunaan: modifier nama_attribute:tipe data
contoh penggunaan: -nama: String dibaca attribute nama memilik imodifier private dengan tipe data String
•Method
Digunakan untu kmenyimpan behaviour, pada bahasa pemrograman berupamethod yang mengembalikan nilai(non void method) dan method
yang tidak mengembalikan nilai(void method).Contohnya: getNama, getAlamat, getUsia, jalan, lari
Aturan Penggunaan: Modifier nama_method([namaParameter: tipeParameter]) :nilai_kembalian
Contohpenggunaan:
+ getNama() : String dibaca method getNama memiliki modifier public, tidak memiliki parameter dan memiliki nilai kembalian
String
+ setNama(nama: String) : void dibaca method setNama memiliki modifier public, memiliki 1 buat parameter yaitu nama dengan tipe parameter String dan tidak memiliki nilai kembalian karena bertipe void.
SEQUENCE DIAGRAM
Kelas diagram menunjukkan hubungan statis yang terjadi antara satu objek dengan objek yang lain. Sequence Diagram menunjukkan suatu scenario yang dinamis.Squence diagram digunakan untuk mendeskripsikan polakomunikasi antar objek. Squence diagram mengambarkan urutan waktu dari aliran pemanggilan pada suatu method.Squence diagram berhubungan erat dengan Use Case diagram,dimana1 Use Case akan menjadi 1 Sequence Diagram.
Symbol
Dalam squence diagram terdapat 2 symbol yaitu
•ActorDigunakanuntukmenggambarkanpenggunasystem
•LifeLineDigunakanuntukmenggambarkankelasdanobjekSequence
Relasi
Dalam squence diagram terdapat3 relasi:
•Create
Relasi ini digunakan untuk melakukan inisialisasi suatu objek.
•Synchronous
Relasi ini digunakan untuk memaNggil operasi atau method yang dimiliki oleh suatu objek. Synchronous
mengharuskan kita menyelesaikan 1 proses baru kemudian memanggil proses berikutnya.
•Asynchronous
Relasi ini digunakan untuk memanggil operasi atau method yang dimiliki oleh suatu objek. Asynchronous
memberikan kita fasilitas untuk menjalankan proses lain ketika proses sebelumnya belum selesai.
Adalah tekhnik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis dengan Menggunakan notasi yang mirip flow chart, meskipun terdapat sedikit perbedaan notas
deskripsi activity diagram :
a.Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
b.Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis
c.Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada perancangan terstruktur
d.Sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah
proses untuk membantu memahami proses secara keseluruhan
e.Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram
simbol activity diagram:
Contoh Activity Diagram:
USE CASE DIAGRAM
Deskripsi Use Case Diagram:
a. Sebuah use case adalah situasi dimana sistem digunakan untuk memenuhi satu atau lebih
kebutuhan pemakai.
b. Use case merupakan awal yang sangat baik untuk setiap fase pengembangan berbasis objek,
design testing, dan dokumentasi.
c. Use case menggambarkan kebutuhan sistem dari sudut pandang di luar sistem.
d. Use case menentukan nilai yang diberikan sistem kepada pemakainya.
e. Use cases hanya menetapkan apa yang seharusnya dikerjakan oleh sistem, yaitu kebutuhan
fungsional sistem.
f. Use case tidak untuk menentukan kebutuhan nonfungsional, misalnya: sasaran kinerja, bahasa
pemrograman, dsb.
Use case diagram terdiri dari:
a. Use case
Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi / layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian sistem:subsistem atau class) ke pemakai.Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem. Use
case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal. Use case dibuat berdasar
keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana” system mengerjakannya Use case diberi nama yang
menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor. Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal
ellipse). Use case biasanya menggunakan kata kerja. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use
case yang memiliki nama yang sama.
b. Actors
Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system
Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah jabatan. Actor memberi input atau menerima informasi dari
system. Actor biasanya menggunakan Kata benda. Actor adalah eksternal terhadap sistem.
c. Association
Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi.Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat
dalam use case.
Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram
1. Association antara actor dan use case
Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya
mengindikasikan aliran data
2. Association antara use case
include termasuk didalam use case lain (required) / diharuskan
contoh:
3. Generalization/Inheritance antara use case
extend perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi Generalization/inheritance digambarkan dengan
sebuah garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum
Gambaran generalization/inheritance antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case
4. Generalization/Inheritance antara actors
Gambaran generalization/inheritance antara actors secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case
CLASS DIAGRAM
Class diagram adalah Sebuah symbol class padaclass diagram terdiri dari namakelas, attribute dan method
•NamaKelas
Digunakan untuk membedakan antara satu kelas dan kelas yang lain. Contohnya: Manusia, Dosen, Karyawan, Mahasiswa
•Attribute
Digunakan untuk menyimpan state, pada bahasa pemrograman ini berupa field. Bisa juga diartikan apa yang dimiliki oleh sebuah
objek.
Contohnya: untuk atribut Mahasiswa: nim, nama, alamat, tempat lahir, tanggal Lahir,
Aturan penggunaan: modifier nama_attribute:tipe data
contoh penggunaan: -nama: String dibaca attribute nama memilik imodifier private dengan tipe data String
•Method
Digunakan untu kmenyimpan behaviour, pada bahasa pemrograman berupamethod yang mengembalikan nilai(non void method) dan method
yang tidak mengembalikan nilai(void method).Contohnya: getNama, getAlamat, getUsia, jalan, lari
Aturan Penggunaan: Modifier nama_method([namaParameter: tipeParameter]) :nilai_kembalian
Contohpenggunaan:
+ getNama() : String dibaca method getNama memiliki modifier public, tidak memiliki parameter dan memiliki nilai kembalian
String
+ setNama(nama: String) : void dibaca method setNama memiliki modifier public, memiliki 1 buat parameter yaitu nama dengan tipe parameter String dan tidak memiliki nilai kembalian karena bertipe void.
SEQUENCE DIAGRAM
Kelas diagram menunjukkan hubungan statis yang terjadi antara satu objek dengan objek yang lain. Sequence Diagram menunjukkan suatu scenario yang dinamis.Squence diagram digunakan untuk mendeskripsikan polakomunikasi antar objek. Squence diagram mengambarkan urutan waktu dari aliran pemanggilan pada suatu method.Squence diagram berhubungan erat dengan Use Case diagram,dimana1 Use Case akan menjadi 1 Sequence Diagram.
Symbol
Dalam squence diagram terdapat 2 symbol yaitu
•ActorDigunakanuntukmenggambarkanpenggunasystem
•LifeLineDigunakanuntukmenggambarkankelasdanobjekSequence
Relasi
Dalam squence diagram terdapat3 relasi:
•Create
Relasi ini digunakan untuk melakukan inisialisasi suatu objek.
•Synchronous
Relasi ini digunakan untuk memaNggil operasi atau method yang dimiliki oleh suatu objek. Synchronous
mengharuskan kita menyelesaikan 1 proses baru kemudian memanggil proses berikutnya.
•Asynchronous
Relasi ini digunakan untuk memanggil operasi atau method yang dimiliki oleh suatu objek. Asynchronous
memberikan kita fasilitas untuk menjalankan proses lain ketika proses sebelumnya belum selesai.
0 komentar :
Posting Komentar