Rabu, 26 Juni 2013

Activity Diagram

Adalah tekhnik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis dengan Menggunakan notasi yang mirip flow chart, meskipun terdapat sedikit perbedaan notas

deskripsi activity diagram :
a.Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses
b.Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis
c.Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada perancangan terstruktur
d.Sangat bermanfaat apabila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah
   proses untuk membantu memahami  proses secara keseluruhan
e.Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram

simbol activity diagram:


Contoh Activity Diagram:


USE CASE DIAGRAM

Deskripsi Use Case Diagram:
 a. Sebuah use case adalah situasi dimana sistem digunakan untuk memenuhi satu atau lebih
     kebutuhan pemakai.
 b. Use case merupakan awal yang sangat baik untuk setiap fase pengembangan berbasis objek,
     design testing, dan dokumentasi.
 c. Use case menggambarkan kebutuhan sistem dari sudut pandang di luar sistem.
 d. Use case menentukan nilai yang diberikan sistem kepada pemakainya.
 e. Use cases hanya menetapkan apa yang seharusnya dikerjakan oleh sistem, yaitu kebutuhan
     fungsional sistem.
 f. Use case tidak untuk menentukan kebutuhan nonfungsional, misalnya: sasaran kinerja, bahasa
    pemrograman, dsb.

Use case diagram terdiri dari:
a. Use case
    Use case class digunakan untuk memodelkan dan menyatakan unit fungsi / layanan yang disediakan oleh sistem (or bagian  sistem:subsistem atau class) ke pemakai.Use case dapat dilingkupi dengan batasan sistem yang diberi label nama sistem. Use
   case adalah sesuatu yang menyediakan hasil yang dapat diukur ke pemakai atau sistem eksternal. Use case dibuat berdasar  
   keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana” system mengerjakannya Use case diberi nama yang
   menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor. Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal
   ellipse). Use case biasanya menggunakan kata kerja. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use
   case yang memiliki nama yang sama.

b. Actors
   Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system
   Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah jabatan. Actor memberi input atau menerima informasi dari
   system. Actor biasanya menggunakan Kata benda. Actor adalah eksternal terhadap sistem.

c. Association
   Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi.Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat
   dalam use case.
   Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram
   1. Association antara actor dan use case
      Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya
      mengindikasikan aliran data
   2. Association antara use case
      include termasuk didalam use case lain (required) / diharuskan
      contoh:


   3. Generalization/Inheritance antara use case
      extend perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi Generalization/inheritance digambarkan dengan   
      sebuah garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum
       Gambaran generalization/inheritance antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case


4. Generalization/Inheritance antara actors
   Gambaran generalization/inheritance antara actors secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case




CLASS DIAGRAM

Class diagram adalah Sebuah symbol class padaclass diagram terdiri dari namakelas, attribute dan method

•NamaKelas
 Digunakan untuk membedakan antara satu kelas dan kelas yang lain. Contohnya: Manusia, Dosen, Karyawan, Mahasiswa

•Attribute
 Digunakan untuk menyimpan state, pada bahasa pemrograman ini berupa field. Bisa juga diartikan apa yang dimiliki oleh sebuah
 objek.
 Contohnya: untuk atribut Mahasiswa: nim, nama, alamat, tempat lahir, tanggal Lahir,
 Aturan penggunaan: modifier nama_attribute:tipe data
 contoh penggunaan: -nama: String dibaca attribute nama memilik imodifier private dengan tipe data String

•Method
 Digunakan untu kmenyimpan behaviour, pada bahasa pemrograman berupamethod yang mengembalikan nilai(non void method) dan method 
 yang tidak mengembalikan nilai(void method).Contohnya: getNama, getAlamat, getUsia, jalan, lari
 Aturan Penggunaan: Modifier nama_method([namaParameter: tipeParameter]) :nilai_kembalian
 Contohpenggunaan:
 + getNama() : String dibaca method getNama memiliki modifier public, tidak memiliki parameter dan memiliki nilai kembalian 
   String
 + setNama(nama: String) : void dibaca method setNama memiliki modifier public, memiliki 1 buat parameter  yaitu nama dengan tipe parameter String dan tidak memiliki nilai kembalian karena bertipe void.



SEQUENCE DIAGRAM

Kelas diagram menunjukkan hubungan statis yang terjadi antara satu objek dengan objek yang lain. Sequence Diagram menunjukkan suatu scenario yang dinamis.Squence diagram digunakan untuk mendeskripsikan polakomunikasi antar objek. Squence diagram mengambarkan urutan waktu dari aliran pemanggilan pada suatu method.Squence diagram berhubungan erat dengan Use Case diagram,dimana1 Use Case akan menjadi 1 Sequence Diagram.

Symbol
Dalam squence diagram terdapat 2 symbol yaitu
•ActorDigunakanuntukmenggambarkanpenggunasystem
•LifeLineDigunakanuntukmenggambarkankelasdanobjekSequence

Relasi
Dalam squence diagram terdapat3 relasi:
•Create
 Relasi ini digunakan untuk melakukan inisialisasi suatu objek.
•Synchronous
 Relasi ini digunakan untuk memaNggil operasi atau method yang dimiliki oleh suatu  objek.  Synchronous 
 mengharuskan kita menyelesaikan 1 proses baru kemudian memanggil proses berikutnya.
•Asynchronous
 Relasi ini digunakan untuk memanggil operasi atau method yang dimiliki oleh suatu objek. Asynchronous
 memberikan kita fasilitas untuk menjalankan proses lain ketika proses sebelumnya belum selesai.

0 komentar :

Posting Komentar